EMAIL

redaksi@fkam.or.id

Call/SMS Center

085647588822

Ciri-Ciri Dosa dan Kebaikan

  • Home
  • Ciri-Ciri Dosa dan Kebaikan
08 Nov
0

Ciri-Ciri Dosa dan Kebaikan

An Nawwas bin Sam’an radhiyallahu’anhu berkata,
سَأَلْتُ رَسُوْلَ اللّهِ صلى اللّه عليه وسلم عَنِ الْبِرِّ وَالْإِثْمِ،”
“Saya bertanya kepada Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasalam tentang kebaikan dan dosa.”

Maka beliau bersabda,

البِرُّ : حُسْنُ الْخُلُقِ، والْإِثْمُ : مَا حَكَ فِي صَدْرِكَ، وَكَرِهْتُ أَنْ يَطَّلِعَ عَلَيْهِ النَّاسُ.”

(رواه مسلم)
Kebaikan itu adalah budi pekerti yang baik, sedangkan dosa adalah apa yang engkau merasa bimbang di dalam dada (jika dilakukan) dan engkau tidak suka jika hal itu diketahui oleh orang lain.”
(H.R. Muslim)

Sahabat…
Inilah petunjuk yang gamblang dan sederhana dari Rasulullah. Sebuah parameter yang mudah difahami tentang standart kebaikan dan dosa. Yaa… Kebaikan adalah akhlaq atau budi pekerti yang baik. Dan ini secara umum sudah difahami manusia. Mana akhlaq yang baik dan mana yang buruk. Makan sambil duduk sopan, dengan tangan kanan, tidak lupa berdoa dulu itu akhlaq yang baik. Murah senyum, berlomba mendahului untuk mengucap salam kepada orang Islam lainnya.

Berkata yang baik, jujur, disiplin… Itu beberapa contoh akhkaq yang baik. Yang mestinya dimiliki dan diamalkan oleh setiap muslim. Sedangkan dosa adalah suatu perkara yang membuat hati menjadi resah dan gundah jika dilakukan, ia merasa tidak nyaman bahkan benci jika sampai ada orang lain yang mengetahui perbuatannya tersebut. Jika ada suatu perkara seperti itu, maka waspadalah, jangan-jangan itu adalah perbuatan dosa yang harus dihindari atau jika sudah terlanjur maka semestinya harus segera bertaubat dan tidak mengulanginya.

Semoga Allah memudahkan kita semua dalam kebaikan dan menjauhkan kita semua dari perbuatan dosa… Aamiin

Barakallahu fiikum
🌄🌹🌺🌸🌼🌸🌺🌹🌅

Ust. Syamsuddin

0 Comments

Leave a Comment