EMAIL

redaksi@fkam.or.id

Call/SMS Center

085647588822

Hakikat Harta Yang Kita Miliki

  • Home
  • Hakikat Harta Yang Kita Miliki
01 Nov
0

Hakikat Harta Yang Kita Miliki

Ibnu Mas’ud Radhiyllahu ‘anhu berkata, “Rasulullah shalallahu ‘alahi wasalam bersabda,

“أَيُّكُمْ مَالُ وَارِثِهِ أَحَبُّ إِلَيْهِ مِنْ مَالِهِ؟”

“Siapakah diantara kalian yang lebih mencintai harta warisannya daripada hartanya sendiri?”

Para shahabat menjawab,

“يَا رَسُوْلَ اللّهِ، مَا مِنَّا أَحَدٌ إِلَّا مَالُهُ أَحَبُّ إِلَيْهِ.”

“Wahai Rasulullah, tidak ada seorang pun diantara kita melainkan hartanya lebih dicintai olehnya (daripada harta warisnya).”

Rasulullah bersabda,

“فَآِنَّ مَالَهُ مَا قَدَّمَ وَمَالَ وَارِثِهِ مَا أَخَّرَ.” (رواه البخاري)

“Sesungguhnya hartanya sendiri adalah apa yang sudah dipakainya, sedangkan harta orang yang mewarisinya adalah apa yang ditinggalkan olehnya.” (H.R. Bukkhari)

☘🍀🌱🌴🌳🌴🌱🍀☘

Sahabat…
Betapa indah pengajaran Rasulullah kepada para shahabat tentang hakikat harta. Dan rasanya banyak manusia lebih mencintai harta warisnya daripada hartanya sendiri. Manusia sibuk bekerja untuk mengumpulkan harta, kemudian berusaha menyimpan dan menjaganya. Sampai-sampai banyak yang merasa eman dan sayang ketika harus mengeluarkan harta tersebut untuk berbagai keperluannya, termasuk merasa sayang dan berat ketika harus mengeluarkan harta simpanan untuk beramal shalih.

Berat ketika harus mengeluarkan zakat, infaq dan sedekah. Seakan bahwa harta simpanan itu adalah harta miliknya selamanya. Hingga tiba-tiba kematian memisahkan seseorang dari harta simpanan yang sangat dicintainya, sedang ia belum sempat menggunakannya dan ternyata sudah menjadi barang warisan yang ditinggalkan. Bahkan ia juga belum sempat mengambil manfaat dari harta tersebut.

Maka renungkan nasihat Rasulullah ini, mana harta kita yang sebenarnya dan mana pula harta warisan yang akan ditinggalkan. Kelola harta dengan bijak, gunakan sebagai sarana untuk mempermudah urusan kita di akhirat. Gunakan untuk keperlun kita selayaknya, dan gunakan pula untuk beribadah berharap ridha Allah Ta’ala. Dan jika ada sisa semoga bisa menjadi harta warisan yang barakah.

Semoga Allah senantiasa memberikan keberkahan pada harta yang dititipkan kepada kita semua dan semoga Allah membimbing dan menolong kita semua dalam mengelolanya… Aamiin

Dan tak lupa bantu saudara kita yang sedang tertimpa musibah, minimal dengan doa, semoga Allah meringankan penderitaan mereka dan semoga mereka diberi kesabaran… Aamiin.

Barakallahu fiikum.
🌸🌺🌹🌻🌼🌻🌹🌺🌸

 

Ust. Syamsuddin

0 Comments

Leave a Comment