Permudahlah Jangan Mempersulit

0
28

Aisyah Radhiyallahu ‘anha berkata, “Aku mendengar Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda di rumahku ini,

“اللّهُمَّ مَنْ وَلِيَ مِنْ أَمْرِ أُمَّتِي شَيْئًا فَشَقَّ عَلَيْهِمْ، فَا شْقُقْ عَلَيْهِ، وَمَنْ وَلِيَ مِنْ أَمْرِ أُمَّتِي شَيْئًا فَرَفَقَ بِهِمْ، فَارْفُقْ بِهِ.” (رواه مسلم)

“Ya Allah, siapa saja yang mengurusi sedikit saja dari urusan umatku, lalu ia memberatkan mereka, maka beratkanlah atasnya (urusannya). Dan siapa saja yang mengurusi sedikit saja dari urusan umatku, lalu bersikap lemah lembut kepada mereka, maka perlakukanlah ia dengan lemah lembut.” (H.R. Muslim)

Sahabat…
Jadilah orang yang suka mempermudah urusan manusia dan janganlah mempersulit orang lain. Apalagi jika mendapat amanah untuk memegang urusan umat, sekecil apapun itu, maka berikan kemudahan kepada umat yang berada di bawah tanggung jawab. Perlakukan dengan lemah lembut. Jangan mempersulit orang lain atau berlaku kasar terhadap mereka. Ingatlah do’a Rasulullah, bahwa beliau mendoakan agar Allah memperberat dan mempersulit terhadap orang yang suka memperberat dan menyulitkan orang lain. Beliau juga berdo’a supaya Allah memperlakukan dengan penuh kelembutan siapa yang berlaku lemah lembut kepada umat.

Jadilah bagian dari solusi sehingga kesulitan dan permasalahan bisa diselesaikan, jangan menjadi bagian dari masalah, dimana kehadiran kita justru memberatkan dan menambah masalah bagi umat. Inilah do’a dari Rasulullah yang in syaa Allah didengar oleh dan dikabulkan oleh Allah Ta’ala.

Semoga Allah menolong kita semua untuk bersikap lemah lembut kepada umat Islam… Aamiin.

Barakallahu fiikum

🌅🌹🌼💖🌻💖🌼🌹🌄

Ust. Syamsuddin

TINGGALKAN KOMENTAR

Tuliskan komentar
Masukkan Nama