Rapat Koordinasi dan Pelatihan Mitigasi Vulkanisme SAR FKAM

0
11

SAR FKAM kembali mengadakan kegiatan rutin Rapat Koordinasi (Rakor) antar Ketua Sar Fkam di daerah yang meliputi tiga Provinsi, yakni Jawa Tengah, Jawa Timur dan Jawa Barat yang di selenggarakan di Kawasan Pagilaran, Keteleng Desa Blado Kabupaten Batang Jawa Tengah, pada Sabtu (17/11).

Sebanyak 30 peserta perwakilan dari beberapa Kabupaten yang ada di 3 Propinsi mengikuti acara Rapat Koordinasi dan sekaligus pelatihan “Mitigasi Vulkanisme” yang bekerjasama dengan pihak Pusat Vulkanologi Dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) yang langsung di sampaikan oleh Kepala Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Dieng Bapak Surip.

Beliau menjelaskan tentang status gunung api, tipe letusan hingga adanya gas beracun yang terkandung di dalam material telusan sehingga membutuhkan skill khusus bagi Tim Sar untuk melakukan penyelamatan maupun evakuasi. Selain itu Bapak Surip juga memberikan contoh pengenalan alat serta pemasangan tabung oksigen beserta masker respirator dengan baik dan benar untuk pendukung safety keselamatan.

Acara dilanjutkan dengan koordinasi bersama membahas kendala maupun kemajuan organisasi sosial kemanusiaan serta peningkatan kapasitas personil Rescuer yang ada di daerah oleh Komandan Sar Fkam Pusat Fariz. Di sesi akhir acara seluruh peserta mendapatkan sertifikat pelatihan dan berfoto bersama sebagai bukti keikutsertaan dan loyalitas para Tim mengikuti acara kegiatan Rakor ini.

#rakorsar
#pvmbg
#pgadieng
#sarfkam
#salamtangguh
#tetapsemangat

TINGGALKAN KOMENTAR

Tuliskan komentar
Masukkan Nama